IMPLEMENTASI MODEL GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERVIS BOLA VOLI

Authors

  • I Wayan Juliarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.1071

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar servis bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Abang Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Abang, berjumlah 36 yang tediri dari 17 orang putra dan 19 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengolahan data aktivitas menggunakan lembar observasi sedangkan hasil belajar menggunakan assesment. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar servis bola voli secara klasikal sebesar 7,3 (aktif), dan pada siklus II sebesar 8,4 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,1. Sedangkan persentase hasil belajar servis bola voli pada siklus I secara klasikal sebesar 74,6% (baik), dan pada siklus II sebesar 80,3% (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,7%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar servis bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Abang Karangasem tahun pelajaran 2012/2013.

 

 

Abstract: This study is aimed at improving the activity and learning result of volleyball service through the implementation of cooperative type GI for student in grade VIII of SMP N 2 Abang Karangasem in the year 2012/2013. This study is classroom action research study that is hels in two cycles. The cycles consist of planning, action, observastion or evaluation and reflection. The subject of the strudy is student in grade VIII of SMP N 2 Abang, consist of 36 students, in which there were 17 males and 9 females. The data were analyzed using descriptive statistical analysis and the process data of activity using observation sheet meanwhile the result of learning using assesment. The result of data analysis in the cycle I showed that the learning activity of volleyball service classically waas 7,3  (active), and in cycle II was 8,4 (active). Frtom the cycle I to cycle II there is an improvement around 1,1. Meanwhile the percentage of learning result of volleyball service in the cycle I classically was 74,6% (good), and in cycle II around 80,3% (good). From cycle Ito cycle II there was an inprovement around 5,7%. Based on the result of data analysis and discussion there is a conclusion that the activity and the learning result of volleyball service inprove trough the implementation of cooperative learning model type GI at VIII F grade students of SMP N 2 Abang Karangasem, year of 2012/2013.

 

Kata-kata kunci:    Pembelajaran Kooperatif tife GI, Aktivitas dan Hasil belajar servis bola voli

 

Downloads

Published

2013-07-22

Issue

Section

Articles