PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH Ida Bagus Mega Astawa

Authors

  • Ida Bagus Mega Astawa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.1104

Abstract

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN

AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH

Ida Bagus Mega Astawa

NIM:0716011074

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlpn. (0362) 32559

E-mail: megaastawa14@yahoo.com

Abstrak : Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas XI PSIA 2 SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian tergolong penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI PSIA 2 SMA Negeri 1 Bebandem yang berjumlah 32 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan analisis data hasil penelitian di dapatkan aktivitas belajar lompat jauh mengalami peningkatan sebesar 0,3 dari 7,8  siklus I menjadi 8,1 siklus II. Ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 81,25% terjadi peningkatan sebesar 18,75% menjadi 100% siklus II. Jadi rata-rata skor aktivitas belajar lompat jauh pada siklus I dan II sebesar 7,95 tergolong kategori aktif sedangkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siklus I dan II sebesar 90,62% berada pada kategori sangat baik.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas XI PSIA 2 SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2012/2013. disarankan guru penjasorkes untuk menerapkan medel pembelajaran TGT.

 

Abstract: This study aims to improve the activity of the long jump and learning outcomes through the implementation of cooperative learning model to students of class XI TGT Natural Sciences 2 SMA Negeri 1 Bebandem school year 2012/2013. Types of studies are classroom action research with the researcher as a teacher. The research was conducted by 2 cycles with the design cycle of planning, implementation, observation / evaluation and reflection. Subjects were students of class XI of Natural Sciences 2 SMA Negeri 1 Bebandem which amounts to 32 students. Data were analyzed using descriptive statistics. Based on the analysis of research data in the long jump get the learning activity increased by 0.3 from 7.8 to 8.1 cycle I cycle II. Mastery of learning outcomes first cycle of 81.25% an increase of 18.75% to 100% duty cycle II. So the average score learning activities long jump in cycle I and II belong to the category of 7.95 while the average active mastery learning outcomes I and II cycle of 90.62% in the very good category. Based on the results of the data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and the long jump improved learning outcomes through the implementation of cooperative learning model to students of class XI TGT Natural Sciences 2 SMA Negeri 1 Bebandem school year 2012/2013.

Kata-kata Kunci: TGT, aktivitas, hasil belajar, dan lompat jauh

Downloads

Published

2013-07-25

Issue

Section

Articles