PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Nyoman Agus Adi Kesuma .
  • I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes .
  • dr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.11259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan the randomized pretest post-test control group the same subject design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IX SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berdistribusi ke dalam 4 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IX4 sebagai kelompok eksperimen dan IX3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan melalui tes objektif, observasi, dan unjuk kerja. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar passing bola voli antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan rata-rata gain score 0,43. Sedangkan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan rata-rata gain score 0,18. Angka signifikansi yang diperoleh melalui uji normalitas adalah 0,20, uji homogenitas adalah 0.27, dan uji-t adalah 0,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa. Dan model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas.
Kata Kunci : STAD, hasil belajar teknik dasar passing bola voli

This study aims to determine the effect of applying cooperative learning model of Student Teams Achievement Division type to the learning result of basic technique of volley ball passing. This study is a real experimental study using a randomized pretest post-test control group of the same subject design. The research population of all students of class IX SMP Laboratorium Undiksha Singaraja academic year 2016/2017 which is distributed into 4 classes. The sample is determined by simple random sampling technique. The class that is the research sample is the class IX4 as the experimental group and IX3 as the control group. Data collection uses learning result test through objective test, observation, and performance. Data were analyzed using a t-test with the help of SPSS 16.0 for Windows. The results showed the difference of learning result of volleyball passing between students who followed the STAD type cooperative learning model with the average gain score of 0.43. While students who follow the conventional learning model with an average gain score of 0.18. The number of significances obtained by the normality test is 0.20, the homogeneity test is 0.27, and the t test is 0.00. Thus it can be concluded that STAD type cooperative learning model has a significant effect on the improvement of learning outcomes of basic technique of passing volley ball on the students. And this learning model can be used as an alternative learning that can be applied in the classroom.
keyword : : STAD, learning outcome techniques passing volley ball

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles