Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli

Authors

  • I Wayan Wijaya Kusuma .
  • Dr. Wahjoedi,S.Pd,M.Pd .
  • dr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.11265

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem based Learning) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C dan VIII D SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 68 orang siswa. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen nilai pretest diperoleh rata-rata nilai 69,32 sedangkan kelompok kontrol 67 kemudian hasil nilai posttest didapatkan hasil nilai pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,29. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,41. Didapatkan peningkatan pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 13.97 sedangkan kelompok control hanya mengalami peningkatan 1,05. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah sig<0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan.
Kata Kunci : Model Pembelaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Passing Bawah Bola Voli.

This study aims to determine the effect of Problem based Learning model on the learning outcomes of forearm pass in the volleyball. This study is a real experimental study using the randomized pretests-posttest control group design of the same subject design. The sample of this research is the students of class VIII C and VIII D of SMP Negeri 1 Sukasada Lesson Year 2016/2017 with the number was 68 students. The experimental group and control group conducted by simple random sampling. The data of the learning outcomes was collected through pretest and posttest. The data analysis used T-test with help of SPSS 16.0 for Windows. In the experimental group, the pretest score was obtained by an average score of 69.32, while the control group 67. Then, the posttest value obtained the result of the value in the experimental group obtained an average value of 83.29. While in the control group obtained an average value of 70.41. The increase of the experimental group was higher at 13.97 while the control group only got an increase of 1.05. The significance figures obtained by t-test are sig <0.05. So, it can be concluded that the problem-based learning model significantly influence the learning outcomes of volleyball forearms pass. Thus, it is suggested for the learning process, the teachers can apply the problem-based learning model into one of the alternative learning that can be applied.
keyword : Problem Based Learning Model, Learning Outcomes, Volleyball Forearms Pass.

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles