IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS VIII G SMP. NEGERI 4 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • I Kadek Arya Adi Sucita Negara .
  • I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or .
  • I Made Satyawan, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.11323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Negara tahun pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Negara yang berjumlah 32 orang terdiri dari 17 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian aktivitas pada siklus I secara klasikal adalah 6,8 pada kategori tidak aktif dan hasil belajar mencapai 53,1% pada siklus II aktivitas belajar secara klasikal adalah 8,4 pada kategori aktif dan hasil belajar mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis data, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing Sepakbola meningkat melalui Penerapan Kooperatif NHT Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Sepakbola. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing Sepakbola.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas, hasil belajar, Passing sepakbola.

This study aims to improve the activity and results of learning basic techniques of passing football in class VIII G SMP Negeri 4 Negara school year 2016/2017. This study was classified as a class action research conducted in two cycles. Subject of study is the students of class VIII G SMP Negeri 4 Negara which amounted to 32 people consists of 17 male and 15 female student. Data were analyzed using descriptive statistics. Results of study activity in the first cycle in the classical was 6.8 in the active category and learning outcomes reached 53,1%, in the second cycle in the classical learning activity was 8.4 in the active category and learning outcomes reached 100%. Based on the results of the data analysis, the conclusion of this study is the activity and results of learning basic techniques of passing Football increased through the adoption of NHT Cooperative Activities and Learning Outcomes Improve Passing Football. Recommended to penjasorkes teachers can implement cooperative learning model NHT in the learning process because it can increase the activity and learning outcomes passing football.
keyword : Cooperative learning type NHT, activities, learning outcomes, passing football.

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles