PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA

Authors

  • I Gusti Komang Sabda Adi Antara .
  • I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.11354

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepakbola yang memiliki populasi sejumlah 198 orang dari kelas XI SMA Negeri 1 Sawan. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol dan XI IPA 3 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar teknik dasar passing sepakbola . Hipotesis diuji dengan menggunakan statistik uji-T dengan taraf signifikan 0,05 (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan model pembelajaran konvensional (0,000 < 0,05). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap hasil belajar passing sepakbola pada kelas XI SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2016/2017. Dari hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru penjasorkes agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam melaksanakan proses pembelajaran penjasorkes.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, kooperatif tipe think pair share (TPS), hasil belajar passing sepakbola

This study is True Experimental research with pretest-posttest control group research design. The aim of this study is to determine the effect of “Think-Pair-Share “cooperative learning model toward the learning outcomes of football passing basic technique which was taken from population of 198 people in SMA Negeri 1 Sawan Grade XI. Samples were taken using Simple Random Sampling technique and were obtained from 24 students of class XI IPA 2 as control group and 24 students of XI IPA 3 as experimental group. The data collected in this study is the learning outcomes of football passing basic technique. The hypothesis was tested using T-Test statistic with significant level of 0.05 (p <0.05). The results of this study show that there was a significant effect on student learning outcomes between students who were taught by Think-Pair-Share learning model with conventional learning model (0.000 <0,05). Thus, the implementation of cooperative learning model “Think-Pair-Share” affects the learning outcomes football passing basic technique at SMA Negeri 1 Sawan of Grade XI in academic year 2016/2017. By results of this study, it is suggested to the Physical Education teacher to implement the Think-Pair-Share learning model in physical education learning process.
keyword : cooperative learning, cooperative type “Think-Pair-Share”, learning outcomes of football passing basic technique

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles