IMPLEMENTASI KOOPERATIF TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASARPASSING CONTROL SEPAK BOLA

I Made Yudi Parmadi ., I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes ., I Gede Suwiwa, S.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas XI IBB 3 SMA Karya Wisata Singaraja, yang berjumlah 35 orang dengan rincian 15 orang putra dan 20 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar teknik dasar passingcontrol sepak bola secara klasikal sebesar 4,6 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat menjadi 6,75 (cukup aktif) dan meningkat menjadi 8,44 (sangat aktif) pada siklus II. Analisis data hasil belajar teknik dasar passingcontrol sepak bola pada observasi awal secara klasikal sebesar 64,7%, setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 73,92% dan meningkat sebesar 85,24% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas XI IBB 3 SMA Karya Wisata Singarajatahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru penjasorkes mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT karena terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci : Model Kooperatif TGT, aktivitas belajar, hasil belajar, passing control sepakbola.

This studyaims to improvethe activity andresultsof learningbasic techniques ofpassingcontrolof footballthrough the implementation ofcooperative learning modelTGT. This research is aclass actwhoperformedtwo cycles.The subjects werestudents of class kelas XI IBB 3 SMA Karya Wisata Singaraja, totaling35 people, with details 15boys and20girls.Data were analyzed usingdescriptivestatistical analysis.Results ofinitialobservation dataanalysisactivities oflearningthe basic techniquesof passingfootballin the classicalcontrolof 4.6(quite active), after being giventhe actionin the first cycleof learningactivityincreasedto 6.75(moderately active) andincreased to8.44(highly active)in the second cycle.Analysis ofdata result of learningthe basic techniquesof passingcontrolof footballatthe start ofthe classicalobservationby64.7%, after being giventhe actionin the first cycleof learning outcomesincreased to73.92% andincreased by85.24% in the second cycle.Based on theresults of data analysisanddiscussionconcluded thatthe activities andoutcomesof learningthe basictechniquesof passingcontrolof football(foot inside) increasedthrough the implementation ofcooperative learning modelTGTin class kelas XI IBB 3 SMA Karya Wisata Singarajathe school year 2016/2017.Penjasorkesrecommended to teacherscan implementcooperative learning modelTGT, asshown to increasethe activity andlearning outcomes.
keyword : Cooprative Learning model TGT, Activity Learning, Outcomes Learning, Passing Control Football.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF file view : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.