MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI

Authors

  • I Wayan Sudarsana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i3.1165

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai  melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kubu tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian  adalah guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kubu, berjumlah 32 orang yaitu 19 orang putra dan 18 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar berguling senam lantai secara klasikal sebesar 7,0 (aktif), dan pada siklus II sebesar 7,7 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,7. Persentase hasil belajar berguling senam lantai secara klasikal pada siklus I sebesar 71,9%, pada siklus II sebesar 84,4% maka mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kubu tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes agar menggunakan model pembelajaran STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai pada siswa.

 

Abstract: This study aims to improve the activity and results of learning the roll  floor gymnastics through the implementation of cooperative learning model STAD on X.3 grade students of SMA Negeri 1 Kubu the Academic Year 2012/2013. This study classified as action research. Implementation of the study using 2 cycle stages of planning, implementation, evaluation / observation, reflection. The research subjects eighth grade students of SMA Negeri 1 Kubu are 32 students consisted of  19 boys and 18 students woman. Analysis of the data using as analysis statistik deskriptif. The results of the analysis of the data in the first cycle of learning activities roll floor gymnastics in the classical by 7.0 and by 7.7 in the second cycle. From the first cycle to the second cycle increased by 0.7. Percentage of roll in the classical learning  in the first cycle by 71.9%, on the second cycle of 84.4%, then an increase of 12.5%. Based on the data analysis and discussion, it is concluded that the activities and learning outcomes roll floor gymnastics improved through learning models Cooperative Study Student Teams Achievement Division (STAD) In Grade X.3 SMA Negeri 1 Kubu the Academic Year 2012/2013 ". It is suggested that teachers penjasorkes to use type STAD cooperative learning model because it can increase activity and learning outcomes roll floor gymnastics in students.

 

Kata-kata Kunci:  Kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, dan berguling senam lantai.

Downloads

Published

2013-08-01

Issue

Section

Articles