PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS XI SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • I Made Parta Wijaya .
  • I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or. .
  • dr. Putu Adi Suputra, S.Ked., M.Kes. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.13033

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepakbola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan rancangan penelitian the randomized pretest posttest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Pariwisata Triatma Jaya Sinagaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi ke dalam 6 kelas sehingga keseluruhan jumlah populasi penelitian adalah 200 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan simple random sampling berdasarkan kelas dan diperoleh kelas XIJB1 sebagai kelompok eksperimen dan XIJB2 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, nilai observasi dan unjuk kerja. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar passing sepak bola antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan rata-rata gain score 0,43. Sedangkan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan rata-rata gain score 0,18. Angka signifikansi yang diperoleh melalui uji normalitas adalah 0,20, uji homogenitas adalah 0.27, dan uji-t adalah 0,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing sepakbola pada siswa. Dan model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas
Kata Kunci : NHT, hasil belajar teknik dasar Passing Sepak Bola

This study aims to determine the effect of applying cooperative learning model of Numbered Head Together type to the learning result of basic technique of football passing. This study is a real experimental study using a randomized pretest post-test control group of the same subject design. The research population of all students of class XI SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja academic year 2017/2018 which is distributed into 6 classes. The sample is determined by simple random sampling technique. The class that is the research sample is the class XIJB1 as the experimental group and XIJB2 as the control group. Data collection uses learning result test through objective test, observation, and performance. Data were analyzed using a t-test with the help of SPSS 16.0 for Windows. The results showed the difference of learning result of football passing between students who followed the NHT type cooperative learning model with the average gain score of 0.43. While students who follow the conventional learning model with an average gain score of 0.18. The number of significances obtained by the normality test is 0.20, the homogeneity test is 0.27, and the t test is 0.00. Thus it can be concluded that NHT type cooperative learning model has a significant effect on the improvement of learning outcomes of basic technique of passing football on the students. And this learning model can be used as an alternative learning that can be applied in the classroom
keyword : NHT, learning outcome techniques passing football

Published

2018-01-17

Issue

Section

Articles