PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMADIYAH 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • I Wayan Esa Sukiarta Pratama .
  • I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or. .
  • dr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked., M.Kes. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.13035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan the pretest-posttest control group design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi ke dalam dua kelas sehingga keseluruhan jumlah populasi penelitian adalah 45 orang. Pengambilan sampel yang purposive sampling berdasarkan kelas dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan VIII B sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata gain score 0.11 dan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata gain score 0,05. Signifikansi pada tes normalitas adalah 0.71 (kelompok eksperimen) dan 0.52 (kelompok kontrol).. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing (passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa
Kata Kunci : TPS, hasil belajar teknik dasar passing sepakbola

This research aimed to determine the effect of implementing cooperative learning model think pair share (TPS) to the learning outcomes of basic techniques of passing (the legs of inner and outer) basketball. This research was a quasi experimental researching the pretest-posttest control group design. The population was students of class VII SMP Muhamadiyah 2 Singaraja academic year 2017/2018 distributed into two class so that the overall number of the study population is 45 people. Sampling technique used was purposive sampling based on class. The class into the sample was class VIII A as experimental group and VIII B as control group. The experimental was conducted two times treatment outside of pretest-posttest. Data were collected through objective tests, observation and performance tests. Data analysis using t-test with SPSS 16.0 for Windows. Average gain score on experimental group was 0.11 and on average control was 0.05. Based on the above exposure, implementation of learning model cooperative type TPS effect significantly to the result of learning basic techniques passing (the legs of inner and outer) football. It is recommended to the penjasorkes teacher can implement cooperative learning model type TPS because proven effect significantly to the improvement of student’s learning outcome
keyword : TPS, learning outcome techniques passing football

Published

2018-01-17

Issue

Section

Articles