IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Division (STAD) UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSINGCONTROL SEPAK BOLA PADASISWA KELAS VII.I SMP NEGERI 3 Singaraja TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Gede Gangga Argi Putra .
  • Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.13119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik Passing Control sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII.I SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2015/2016. (2) Meningkatkan hasil belajar teknik dasar Passing Control sepak bola melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII.I SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.I SMP Negeri 3 Singaraja, berjumlah 28 orang dengan rincian 10 siswa putra dan 18 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar Passing Control sepak bola secara klasikal sebesar 5,57 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat sebesar 1,03% menjadi 6,6 (aktif) dan meningkat sebesar 1,97% menjadi 8,57 (aktif) pada siklus II. Analisis data hasil belajar passing control sepak bola pada observasi awal secara klasikal sebesar 57,9%, setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat sebesar 16,42% menjadi 74,32% dan meningkat sebesar 11,39% menjadi 85,17% pada siklus II.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, teknik Passing Control sepak bola.

This study aims to: (1) Increase the activity and learning outcomes of the technique of Passing Control soccer through the implementation of STAD type cooperative learning model on the students of class VII.I SMP Negeri 3 Singaraja academic year 2015/2016. (2) Improving learning outcomes of basic techniques of Passing Control of soccer through the application of STAD type cooperative learning model on VII.I grade students of SMP Negeri 3 Singaraja academic year 2015/2016. This research is a classroom action research conducted in two cycles, consisting of action plan, action execution, observation or evaluation and reflection. The subjects of the study were students of class VII.I SMP Negeri 3 Singaraja, amounted to 28 people with details of 10 male students and 18 female students. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. The result of analysis of observation data of early learning activity of Classical Football Passing Control is 5,57 (active enough), after given action in cycle I learning activity increased by 1.03% to 6,6 (active) and increased by 1,97% to 8.57 (active) in cycle II. Data analysis of learning result of passing control of soccer at early observation by classical equal to 57,9%, after given action in cycle I learning result increased by 16,42% to 74,32% and increased by 11,39% to 85,17% in cycle II.
keyword : STAD type cooperative learning model, activity, learning outcomes, soccer controlling technique.

Published

2018-01-25

Issue

Section

Articles