MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERVICE BOLA VOLI

Authors

  • I Komang Cita Lana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i3.1339

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar service bola voli pada siswa kelas VIII G SMP  Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013”Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VIII G SMP  Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 35 orang terdiri dari 20 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar service bola voli secara klasikal sebesar 7,4 (aktif), dan pada siklus II sebesar 8,4 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1. Hasil belajar service bola voli secara klasikal pada siklus I sebesar 42,86% (sangat kurang), dan pada siklus II sebesar 100% ( sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 57,14%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar service bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII  G SMP  Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013.

Abstract: This study aims to improve the activity and service learning outcomes volleyball in eighth grade students of SMP Negeri 1 Sukasada G academic year 2012/2013 ". This study classified the classroom action research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of a plan of action, action, observation / evaluation and reflection. Research subjects were students of class VIII G SMP Negeri 1 Sukasada, amounting to 35 people consisting of 20 boys and 15 female student. Data were analyzed using descriptive statistics, results of data analysis in the first cycle service learning activities volleyball classical of 7.4 (active), and the second cycle of 8.4 (active). From the first cycle to the second cycle increased by 1. Percentage of service learning volleyball classically in the first cycle of 42,86% (very minus), and the second cycle was 100% (very good). From cycle I to cycle II, an increase of 57,14%, based on the results of the data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and service learning outcomes volleyball improved through the implementation of cooperative learning model STAD the eighth grade students of SMP Negeri 1 Sukasada G academic year 2012/2013.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar service bola voli pada siswa kelas VIII G SMP  Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013”Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VIII G SMP  Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 35 orang terdiri dari 20 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar service bola voli secara klasikal sebesar 7,4 (aktif), dan pada siklus II sebesar 8,4 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1. Hasil belajar service bola voli secara klasikal pada siklus I sebesar 42,86% (sangat kurang), dan pada siklus II sebesar 100% ( sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 57,14%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar service bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII  G SMP  Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013.

Downloads

Published

2013-07-22

Issue

Section

Articles