PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA

Authors

  • Made Arya Sudita

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i3.1353

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII.A SMP Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk peneliti sebagai guru. Dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII.A SMP Bhaktiyasa Singaraja, berjumlah 26 orang dengan rincian 14 orang putra dan 12 orang putri. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar teknik dasar passing sepakbola secara klasikal sebesar 5 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat menjadi 7,7 (aktif) dan meningkat menjadi 8,5 pada siklus II. Analisis data hasil belajar teknik dasar passing sepakbola pada observasi awal dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 11,6% setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 76,9% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (menggunakan kaki bagian dalam dan luar) sepakbola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII.A SMP Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

 

Abstract : This study aims to improve the activity and result of learning the basic technique of passing-football through the implementation of cooperative-learning type STAD on VIII.A grade students of SMP Bhaktiyasa Singaraja the academic year 2012/2013. The type of research design is a classroom action research, in which the teacher as the researcher. The research methodology used two cycles and both of them consist of preparation, implementation, evaluation or observation, and reflection. The subject or sample of this study is the students in class VIII.A in SMP Bhaktiyasa Singaraja. There were 26 students in which there were 14 male students and 12 female students. The analysis results of the first observation data, classically activity of learning the basic technique of passing football there were 5 (adequate active), after given action on first cycles raised to 7,7 (active) and raised to 8,5 (active) on second cycle. Data analysis of learning result in first observation with looked student pass category, classically there were 11,6%, after given action on first cycles raised to 76,9% and raised to 100% on second cycle. It can be concluded that activity/process and the result of learning the basic technique of passing-football were improved through the implementation of cooperative learning type STAD on VIII.A grade students of SMP Bhaktiyasa Singaraja the academic year 2012/2013. That suggested for the teacher of Penjasorkes to apply the cooperative-learning type STAD.

 

 

Kata - kata kunci : Kooperatif, STAD, aktivitas, hasil, belajar


Downloads

Published

2013-08-22

Issue

Section

Articles