MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA

Authors

  • I Dewa Made Heri Kusumayuda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i3.1394

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control sepak bola pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Pupuan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Pupuan, berjumlah 25 orang terdiri dari 16 siswa putra dan 9 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar secara klasikal sebesar 6,98 (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar 8,25 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,27. Persentase hasil belajar passing control sepak bola secara klasikal pada siklus I sebesar 68% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 92% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 24%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing control sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Pupuan tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran sebagai alternatif  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control.

 

Abstract: This study aims to improve the activity and passing control learning outcomes football in eighth grade students of SMP Negeri 3 Pupuan B academic year 2012/2013 ". This study classified the classroom action research was conducted in two cycles. consisted of a plan of action, action, observation / evaluation and reflection. Research subjects were students of class VIII B SMP Negeri 3 Pupuan, amounting to 25 people consisting of 16 boys and 9 female student. Data were analyzed using descriptive statistics. Results of data analysis in the first cycle passing control learning activities football classical of 6,98 (pretty active), and the second cycle of 8,25 (active). From the first cycle to the second cycle increased by 1,27. Percentage of passing control learning football classically in the first cycle of 68% (pretty good), and the second cycle was 92% (very good). From cycle I to cycle II, an increase of 24%. Based on the results of the data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and passing control learning outcomes football improved through the implementation of cooperative learning model STAD the eighth grade students of SMP Negeri 3 Pupuan B academic year 2012/2013. Penjasorkes recommended to teachers to implement STAD cooperative learning model in the learning process as an alternative to improve the activity and passing control learning outcomes football.

 

 

Kata-kata Kunci: Model kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, dan sepakbola.

Downloads

Published

2013-08-23

Issue

Section

Articles