IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA

Authors

  • I.B. Putu Ekayana Wisnawa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i5.1808

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar permainan sepak bola passing kaki bagian dalam melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD No 3 Werdi Bhuana  tahun pelajaran 2012/2013.

Jenis penelitian tergolong penelitian tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari langkah-langkah, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD No. 3 Werdi Bhuana  berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptik.

Hasil analisis data aktivitas belajar siklus I secara klasikal sebesar 7,31 berada pada skala aktif, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 9,27 berada pada katagori sangat aktif, dengan peningkatan sebesar 1,96. Rata-rata aktivitas belajar permainan sepak bola passing kaki bagian dalam dari kedua siklus berada pada katagori aktif sebesar 7,31 pada katagori sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 94,12 %. Rata-rata presentasi ketuntasan hasil belajar permainan sepak bola control kaki bagian dalam dari kedua siklus berada pada katagori sangat baik yaitu 89,70% sudah memenuhi KKM secara klasikal yaitu > 75% sehingga hasil belajar sepak bola dinyatakan tuntas.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD No. 3 Werdi Bhuana  tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran sepak bola.

 

Kata-kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe NHT, aktivitas, hasil belajar dan sepak bola.

Downloads

Published

2013-11-13

Issue

Section

Articles