IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI

Authors

  • I Made Seger

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i5.1810

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar permainan bola voli passing bawah melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas V SD No 4 Penarungan  tahun pelajaran 2012/2013.

Jenis penelitian tergolong penelitian tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari langkah-langkah, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD No 4 Penarungan  berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptik.

Hasil analisis data aktivitas belajar siklus I secara klasikal sebesar 7,31 berada pada skala aktif, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 9,27 berada pada katagori sangat aktif, dengan peningkatan sebesar 1,96. Rata-rata aktivitas belajar permainan bola voli passing bawah dari kedua siklus berada pada katagori aktif sebesar 7,31 pada katagori sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 94,12 %. Rata-rata presentasi ketuntasan hasil belajar permainan bola voli passing atas dari kedua siklus berada pada katagori sangat baik yaitu 89,70% sudah memenuhi KKM secara klasikal yaitu > 75% sehingga hasil belajar bola voli dinyatakan tuntas.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas V SD No. 4 Penarungan  tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran bola voli.

 

Kata-kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe TPS, aktivitas, hasil belajar dan bola voli.

Downloads

Published

2013-11-13

Issue

Section

Articles