PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • I Kadek Suardana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v6i1.22256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan overhead pass) bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian the randomize pretest-posttest control group the same subject design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Hipotesis dianalisis menggunakan uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah p= 0,000<0,05. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,37, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,11. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi bola basket, karena terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2001 Proses Belajar mengajar. Cetakan pertama. Jakarta: Bumi Angkasa.

Juniantari, Anak Agung Vera. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif Tipe NHT Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Keca matan Gianyar. Tersedia pada http://e journal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG SD/article/download/3130/2599. Diaks es pada tanggal 1 januari 2017.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Pendidikan Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Nurhadi dkk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sayun, I.N.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Bentuk Asesmen Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_ep/article/vie w/866. Diakses pada tanggal 1 januari 2017.

Semarayasa, I Ketut. 2014. Manajemen Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan. Singaraja Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Downloads

Issue

Section

Articles