IMPLEMENTASI KOOPERATIF TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAKBOLA

Authors

  • Imam Hidayat .
  • I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • I Made Satyawan, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.2377

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas X.IPA 7 SMA Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa X.IPA 7 SMA Negeri 1 Semarapura, berjumlah 36 orang dengan rincian 12 orang putra dan 24 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing control sepak bola secara klasikal sebesar 6.6 (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar 8.58 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1.98. Persentase hasil belajar passing control sepak bola secara klasikal pada siklus I sebesar 78.12% (cukup baik) dan pada siklus II sebesar 87.36% (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9.24%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing control sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas X.IPA 7 SMA Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control sepak bola pada siswa.
Kata Kunci : TGT, aktivitas dan hasil belajar passing control sepakbola

This study aims to improve the activity and learning outcomes football passing control through the implementation of cooperative learning model X.IPA TGT in grade 7 SMA Negeri 1 Semarapura academic year 2013/2014 . This research is a classroom action research was conducted in two cycles , consisting of an action plan , action, observation or evaluation and reflection . The subjects were students of SMA Negeri 1 X.IPA 7 Semarapura , totaling 36 people with the details of 12 sons and 24 daughters . Data were analyzed using descriptive statistical analysis . Results of data analysis in the first cycle learning activity passing football in the classical control of 6.6 ( quite active ) , and the second cycle of 8:58 ( active ) . From the first cycle to the second cycle increased by 1.98 . Percentage of passing control study in classical football in the first cycle of 78.12 % ( pretty good ) and the second cycle of 87.36 % ( excellent ) . From the first cycle to the second cycle increased by 9:24 % . Based on the analysis of data and discussion is concluded that the activity and learning outcomes football passing control increased through the implementation of cooperative learning model X.IPA TGT in grade 7 SMA Negeri 1 Semarapura academic year 2013/2014 . Penjasorkes recommended to teachers to implement cooperative learning model TGT as it can increase activity and learning outcomes football passing control to the students .
keyword : TGT, activities and learning outcomes football passing control

Published

2014-02-25

Issue

Section

Articles