IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

Authors

  • I Putu Prisa Jaya .
  • I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • I Made Satyawan, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.2384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPS.2 SMA Negeri 1 Petang tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS.2 SMA Negeri 1 Petang, yang berjumlah 33 orang terdiri dari 20 orang putra dan 13 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata aktivitas belajar passing sepakbola secara klasikal pada observasi awal 6,0 (cukup aktif), meningkat pada siklus I menjadi 7,5 (aktif), dan meningkat pada siklus II menjadi 8,4 (aktif). Sedangkan hasil belajar secara klasikal pada observasi awal 66,3 (kurang), meningkat pada siklus I menjadi 75,2 (baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 81,2 (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing sepakbola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPS.2 SMA Negeri 1 Petang tahun pelajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru penjasorkes SMA Negeri 1 Petang untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing sepakbola siswa.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: Kooperatif tipe STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, passing sepakbola.

This research aims to improve the activity and the result study of passing foot ball through the implementation of type of cooperative model STAD to XI IPS.2 grade students of SMA N 1 Petang, in which the population are 33 students, 20 male students and 13 female students. The data were analyzed by descriptive statistic. Based on this research, from the first observation the mean of activity of passing football in classical way is 6,0 (enough active) the improvement in cycle I is 7,5 (active) and in the cycle II to be 8,4 (active). Whereas the result in the classical from the first observation is 66,3 (poor), it improves in cycle I to be 75, 2 (good) and in cycle II, the improvement is 81, 2 (good). Based on the data analysis and the explanation above, it can be conclude that the activity and the result study of passing foot ball are improved through the implementation of type of cooperative study that is STAD in XI IPS.2 grade students of SMA N 1 Petang in academic year 2013/2014. The suggestion to the teacher who teach sport in SMA N 1 Petang is to implement the type of cooperative model STAD to improve the activity and the result study of students in passing foot ball.
keyword : Key words: The type of cooperative model STAD, Activity study, Result study, passing foot ball

Published

2014-02-25

Issue

Section

Articles