PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA

Authors

  • I Putu Ari Darma Santika .
  • Prof. Dr. I Nyoman Kanca, MS .
  • dr. Putu Adi Saputra, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.2404

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepak bola melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Rendang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa VIII A SMP Negeri 3 Rendang, berjumlah 37 orang dengan rincian 25 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing sepak bola secara klasikal sebesar 6.95 (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar 8.52 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1.57. Persentase hasil belajar passing sepak bola secara klasikal pada siklus I sebesar 74.5% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 83.2% (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8.7%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing sepak bola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Rendang tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : NHT, aktivitas, hasil belajar, Sepak bola.

This study aimed to improve the activities and the achievement in passing technique of football learning through the application of cooperative learning technique type NHT for VIIIA students in SMP Negeri 3 Rendang in the academic year 2013/2014. This study is a classroom action research, namely the teacher as researcher. Held in two cycles which in each cycle consists of: planning, action, observation, and reflection. The subject of this study is 37 students of VIIIA SMP Negeri 3 Rendang consist of 25 male and 12 female students. The data was analyzed using descriptive statistic analysis. The result of the analysis in cycle I shows that the activity of passing in football learning is 6.95 (active enough). Meanwhile, in cycle II, it is 8.25 (active). The improvement occurred from cycle I to cycle II is increased for about 1.57. The percentage of students’ achievement of football passing technique in cycle I is 74.5% (good), while in cycle II the result is 83.2% (very good). The percentage of improvement occurred from the cycle I to cycle II is 8.7%. Based on the result of data analysis, it can be concluded that the activity and achievement of passing technique in football learning is improved through the application of cooperative learning technique type NHT for the students of VIIIA in SMP Negeri 3 Rendang in the academic year 2013/2014.
keyword : NHT, activity, achievement, football

Published

2014-02-26

Issue

Section

Articles