PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BASKET MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF NHT

Authors

  • I Kadek Suatmika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.326

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus terdiri dari tahap rencana tindakan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada yang berjumlah 31 orang siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan dari 48,4  (aktif) pada siklus I menjadi 67,7 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siklus I hasilnya 77,4% (baik) menjadi 93,5% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa.

Kata-kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, dan teknik dasar passing bola basket.

Downloads

Published

2013-01-28

Issue

Section

Articles