IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • I Gede Surya Wirawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.331

Abstract

I Gede Surya Wirawan

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha

Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: iwan_koenceng@yahoo.co.id

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian tergolong penelitian tindakan kelas yaitu peneliti sebagai guru. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan rancangan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 38 orang (18 orang putra dan 20 orang putri). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data didapatkan aktivitas belajar passing bola basket mengalami peningkatan dari 7,75 pada siklus I menjadi 7,92 pada siklus II, dan menjadi 8,8 pada siklus III. Hasil belajar mengalami peningkatan dari 86,84% pada siklus I, menjadi 92,11% pada siklus II, dan 94,74% pada siklus III. Jadi rata-rata aktivitas belajar passing bola basket pada siklus I, II dan III sebesar 8,16 (aktif) sedangkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siklus I, II dan III sebesar 91,23% (sangat baik). Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass, bounce pass, dan overhead pass) bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam pembelajaran teknik dasar passing bola basket.

Kata-kata Kunci:   Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, dan passing bola basket.

 

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles