MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING VOLI

Authors

  • I Ketut Koyik Sentana Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.334

Abstract

I Ketut Koyik Sentana Putra

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: koyiksentanaputra@gmai.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VII A SMP  Negeri 1 Tegallalang yang berjumlah 38 orang terdiri dari 17 orang siswa putra dan 21 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian analisis aktivitas belajar teknik passing bola voli mengalami peningkatan sebesar 0,15 dari 7,51 pada siklus I menjadi 7,66 pada siklus II yang dimana tergolong kategori aktif. Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 5,26% dari 81,58% pada siklus I menjadi 86,84% pada siklus II yang dimana tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola voli.

Kata-kata Kunci:         Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, teknik dasar passing bola voli.

 

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles