PENERAPAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.336Abstract
Haris Prayogi
NIM. 0816011065
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: harisprayogi@rocketmail.com
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Banjar. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK. Hasil analisis data yang diperoleh adalah untuk persentase aktivitas belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa X.2 SMA Negeri 2 Banjar pada observasi awal hanya 22,58% (belum aktif) pada siklus I 54,84% (belum aktif), kemudian pada siklus II menjadi 100% (sudah aktif). Sehingga aktivitas belajar meningkat dari observasi awal sampi siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola voli pada siswa X.2 SMA Negeri 2 Banjar pada observasi awal hanya 22,58% (tidak tuntas). Pada siklus I presentase ketuntasan 41,94% (tidak tuntas), kemudian pada siklus II presentase ketuntasan 96,77% (tuntas). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2012/2013.Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata-kata Kunci: NHT, aktivitas, hasil belajar, passing bola voli.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)