Hasil Belajar Bola Basket dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Authors

  • Kadek Arya Dwi Antara Undiksha
  • I Made Danu Budhiarta Undiksha
  • made agus wijaya Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33746

Keywords:

Kooperatif, STAD, hasil belajar, bola basket

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (passing overhead pass dan passing chest pass). Penelitian merupakan penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the pretest post-test control group design. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Karya Wisata Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel berjumlah 46 orang siswa yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas XI IPB 5 dan kelas XI IPB 6. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar terdiri atas 1) aspek kognitif, menggunakan tes essay, 2) aspek afektif, menggunakan observasi sikap siswa selama pembelajaran, dan 3) aspek psikomotor, menggunakan observasi kinerja passing bola basket. Tahapan analisa data terdiri atas: 1) uji prasyarat, menggunakan uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homegenitas Levene’s Test of Equality of Error Variance, serta 2) Uji hipotesis, menggunakan uji-t pada taraf signifikansi p<0.05.Berdasarkan uji prasyarat, di peroleh hasil bahwa data penelitian berdistribusi normal dan homogen.Uji-t menunjukkan thitung 2.430 sedangkan ttabel sebesar 1.678 dan nilai signifikansi yang diperoleh melalui uji t adalah 0,019.Merujuk hasil analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas XI SMA Karya Wisata Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Dengan demikian disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajarsiswa.

Downloads

Published

2021-04-16

Issue

Section

Articles