Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Teknik Dasar Passing Bola Voli

Authors

  • Putu Eka Yogantara Undiksha
  • I Putu Panca Adi Undiksha
  • I Made Satyawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v8i2.33755

Keywords:

Model pembelajaran, kooperatif NHT, hasilbelajar, passing bola voli

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu  untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar  teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non randomized control group pretest-posttest design.  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA dan XI IS SMA PGRI Seririt tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 53 peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen nilai pretest didapatkan rata-rata nilai 66,48 sedangkan kelompok kontrol 64,0. Hasil nilai posttest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,76. Sedangkan  Kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata 78,18. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,5 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,4. Angka signifikansi yang diperoleh sebesar sig 0,001<0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik yang di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada peserta didik kelas XI SMA PGRI Seririt.

 

Downloads

Published

2021-04-16