Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Teknik Dasar Passing Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v8i2.33755Keywords:
Model pembelajaran, kooperatif NHT, hasilbelajar, passing bola voliAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non randomized control group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA dan XI IS SMA PGRI Seririt tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 53 peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen nilai pretest didapatkan rata-rata nilai 66,48 sedangkan kelompok kontrol 64,0. Hasil nilai posttest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,76. Sedangkan Kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata 78,18. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,5 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,4. Angka signifikansi yang diperoleh sebesar sig 0,001<0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik yang di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada peserta didik kelas XI SMA PGRI Seririt.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)