Survei Sarana dan Prasarana PJOK SMP Se-Kecamatan Tegallalang Gianyar

Authors

  • I Made Doni Undiksha
  • Wahjoedi Wahjoedi Undiksha
  • I Ketut Semarayasa Undiksha

Keywords:

Survei, Sarana, Prasarana, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui seberapa lengkap sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama yang ada di seluruh kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar, Bali. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana penelitian ini merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kuantitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Yang digunakan untuk medeskripsikan keadaan dari sebuah sekolah mengenai ketersediaan dalam hal sarana dan prasarana. Hasil penelitian ini didapatkan dengan cara survei langsung dengan pihak sekolah melalui khusunya guru PJOK yang ada disekolah SMP se-Kecamatan Tegallalang. Adapun hasil dari penelitian ini berdasarkan data yang didapat di lapangan adalah. Kategori baik dimiliki hanya 1 sekolah dengan presentase (25%), untuk kategori sedang 2 sekolah dengan presentase (50%), dan kategori kurang 1 sekolah (25%) dan tidak ada sekolah yang masuk kedalam kategori sangat kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa ada 1 sekolah yang memiliki sarana dan prasarana dengan kategori kurang yang ada di kec- Tegallalang. Dan adapun saran dari peneliti. Semoga sekolah yang memiliki kategori kurang dan sekolah memiliki kategori mampu menggunakan penelitian ini sebagai acuan untuk melengkapi ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga yang belum dimiliki, agar lebih lengkap demi terciptanya proses pembelajaran yang efektif.

References

Agus S. Suryobroto.(2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Anas Sudijono. (2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada

Raju. Andri Tri Pratomo, (2013) Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan

Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota

Purbalingga Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

TELDI PATTIWAEL. (2018). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Di SMP Se-Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.

E.Mulyasa. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Yogyakarta: Rosada.

Harsuki (2003). Perkembangan olahraga terkini (kajian para pakar): Jakarta PT Rajagrafindo Persada.

Kadir, Ijhar ( 2017). "Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Se-Kota Gorontalo Tahun 2017".

Nadisah. (1992). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soepartono. (2000). Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta: Depdiknas.

Sugeng Purwanto. (2006). Pentingnya Pelaksanaan Administrasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. (5, 2006).

Sugiyono.(2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alafabeta. UNY. (2003). Buku Pedoman Penyusunan Tugas Akhir: Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-04-16