Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760Keywords:
instrumen, hasil belajar, ranah kognitif, model 4DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar ranah kognitif, guna mengetahui validitas isi dan butir, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran dari kelayakan instrumen yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan (developmental research). Pada penelitian ini menggunakan model penelitian 4D. Subyek penelitian ini adalah instrumen penilaian hasil belajar ranah kognitif materi sepak bola berupa kisi-kisi dan tes hasil belajar PJOK. Data dikumpulkan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh akan dianalisis validitas, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran masing-masing instrumen. Nilai rata-rata dari pengujian analisis data menunjukkan data yang diuji memiliki validitas yang sangat tingi. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Hasil pengujian daya beda, menunjukkan hasil yang bervariasi tiap kelas yang diuji. Tingkat kesukaran menunjukkan hasil pengujian data yang bervariasi pula dalam tingkat kelasnya. Dari hasil pengujian data yang dilaksanakan pada seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Amlapura dapat dinyatakan bahwa pengembangan instrumen hasil belajar ranah kognitif materi sepak bola layak dikembangkan dan digunakan dalam penilaian hasil belajar kepada peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)