Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • I Dewa Gede Putra Wirayasa Undiksha
  • I Putu Darmayasa Undiksha
  • I Made Satyawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760

Keywords:

instrumen, hasil belajar, ranah kognitif, model 4D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan  instrumen penilaian hasil belajar ranah kognitif, guna mengetahui validitas isi dan butir, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran dari kelayakan instrumen yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan (developmental research). Pada penelitian ini menggunakan model penelitian 4D. Subyek penelitian ini adalah instrumen penilaian hasil belajar ranah kognitif materi sepak bola berupa kisi-kisi dan tes hasil belajar PJOK. Data dikumpulkan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh akan dianalisis validitas, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran masing-masing instrumen. Nilai rata-rata dari pengujian analisis data menunjukkan data yang diuji memiliki validitas yang sangat tingi. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Hasil pengujian daya beda, menunjukkan hasil yang bervariasi tiap kelas yang diuji. Tingkat kesukaran menunjukkan hasil pengujian data yang bervariasi pula dalam tingkat kelasnya. Dari hasil pengujian data yang dilaksanakan pada seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Amlapura dapat dinyatakan bahwa pengembangan instrumen hasil belajar ranah kognitif materi sepak bola layak dikembangkan dan digunakan dalam penilaian hasil belajar kepada peserta didik.

Downloads

Published

2021-04-20