Pengembangan Video Tutorial Materi Passing Sepakbola Mata Pelajaran PJOK untuk Kelas X SMA/SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33762Keywords:
multimedia video, passing sepakbola, ADDIEAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan multimedia berbasis video tutorial teknik dasar passing sepakbola dengan model ADDIE. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif adalah teknik analisis data yang digunkan. Multimedia interkatif berbasis video tutorial teknik dasar passing sepakbola kaki bagian dalam yang dikembangkan yaitu dalam bentuk video tutorial yang berisikan materi tentang pengertian teknik dasar passing sepakbola dan cara melakukan teknik dasar passing sepakbola dengan kaki bagian dalam. Berdasarkan tanggapan ahli isi mata pelajaran menunjukkan bahwa multimedia berbasis video tutorial teknik dasar passing sepakbola kaki bagian dalam adalah sangat baik dengan persentase 92%. Tanggapan ahli media pembelajaran memperoleh persentase 95% berada pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 93% berada pada kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis video tutorial teknik dasar passing sepakbola kaki bagian dalam layak digunakan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Peneliti berharap agar penelitian ini dieksperimenkan sehingga keefektifan dapat diketahui melalui tiga uji yang dilakukan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)