Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Passing Bolavoli SMP Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33766Keywords:
pengembangan, video pembelajaran, ADDIE, passing Bolavoli.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa media video pembelajaran materi passing bolavoli untuk kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi 5 tahap yaitu: tahap Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Prosedur validasi media video yaitu diawali dengan uji ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan tanggapan para ahli yaitu Ahli Isi Pembelajaran 90% (Sangat Baik), Ahli Media Pembelajaran 95% (Sangat Baik) dan Ahli Desain Pembelajaran 94% (Sangat Baik). Selama proses pengembangan, aspek yang diperbaiki adalah intensitas Penyempurnaan media pada video dari tanggapan para Ahli. Dari hasil diatas maka dapat dikatakan bahwa media video pembelajaran dengan model ADDIE materi passing bolavoli dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk mendukunng proses pembelajaran atau penelitian lebih lanjut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)