IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING VOLI

Authors

  • I Putu Wisma

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.338

Abstract

I Putu Wisma

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha

Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail:iputuwisma@gmail.com

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing atas dan passing bawah bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksaaan penelitian menggunakan 2 siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi, refleksi. Subyek penelitian berjumlah 28 siswa terdiri dari 16 siswa putra dan 12 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Hasil data secara klasikal pada siklus I, tingkat aktivitas 7,64 (aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli 75,1% (baik). Siklus II secara klasikal tingkat aktivitas 8,73 (aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing atas bola voli 81,6%  ( baik). Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan  peningkatan aktivitas belajar sebesar 1,09 dan hasil belajar 6,5% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil data dan pembahasan dapat disimpulkan  aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing atas dan passing bawah bola voli meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII F  SMP Negeri 2 Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan pada guru penjasorkes mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas dan hasil belajar, teknik dasar passing bola voli.

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles