IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF (STAD) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK LOMPAT JAUH

Authors

  • I Putu Eka Giri Astika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.361

Abstract

I Putu Eka Giri Astika

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: ekagiriastika@yahoo.co.id

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dasar lompat jauh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Grokgak, jumlahnya 40 siswa, 24 siswi putra dan 16 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Hasil analisis aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 78,62 yang berada pada kategori aktif dan siklus II mencapai 98,37yang berada pada kategori  Sangat aktif. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan 18,12 sedangkan pada hasil belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 77,50% berada pada kategori  Sangat baik dan siklus II mencapai 100% yang berada pada kategori sangat baik. Jadi hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,50%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Lompat Jauh meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Grokgak tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar lompat jauh

Kata-kata Kunci: pembelajaran kooperataif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, lompat jauh.

Downloads

Published

2013-01-31

Issue

Section

Articles