PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS KARTU GERAK AKTIVITAS PENGEMBANGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i1.36475Keywords:
PJOK., Kartu Gerak., Aktivitas Pengembangan.,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran PJOK berbasis kartu gerak aktivitas pengembangan untuk siswa kelas X SMA/SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu: tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada 2 (dua) SMA/SMK di Singaraja yaitu SMA Negeri 1 Sukasada dan SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini melibatkan partisipasi aktif guru PJOK dan siswa pada kelima tahapan pengembangan. Pengumpulan data diperoleh melalui 1) angket analisis kebutuhan, 2) lembar validasi pakar dan praktisi PJOK, 3) angket pendapat guru tentang media pembelajaran dan, 4) angket pendapat siswa tentang media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan 1) media pembelajaran kartu gerak aktivitas pengembangan sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa, 2) tugas gerak pada kartu gerak aktivitas pengembangan telah memenuhi konsep dan teori pembelajaran PJOK, 3) pendapat siswa tentang kartu gerak aktivitas pengembangan diperoleh persentase 99,64% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu gerak aktivitas pengembangan layak digunakan untuk siswa kelas X SMA/SMK.References
Artanayasa, I Wayan. 2016 Pengembangan Bahan Ajar TP Sepak Takraw dilengkapi Bahan Audiovisual untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Fok Undiksha. ISSN 2549-2780. Tersedia pada http://artanayasaiwayan.blogspot.com/2016/02/pengembangan bahan-ajar-tp-sepak-takraw.html Dakses pada 10 Juni 2018
Budaya Astra, I Ketut. 2017. Developing Instructional Material for Sepak Takraw Playing Technique Course Completed with Smart Audiovisual to Improve Competencies of the Students of Sport & Health Education Department Ganesha University of Education. Tersedia Pada https://www.researchgate.net/publication/318459330_Developing_Instructional_Material_for_Sepak_Takraw_Playing_Technique_Course_Completed_with_Smart_Audiovisual_to_Improve_Competencies_of_the_Students_of_Sport_Health_Education_Department_Ganesha_Univer?ev=auth_pub Diakses Pada 10 Juni 2018
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Suwiwa, I.G, Santayasa I.W, Kirna,I.M.2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Pencak Silat. Trsedia pada https://scholar.google.co.id/citations?viewop=view_citation&hl=id&user=3J1eWYsAAAAJ&citation_for_view=3J1eWYsAAAAJ:u5HHmVD_uO8C Diakses pada 10 Maret 2018
Yoda, I Ketut, 2008. Korelasi Antara Vo2 Maks Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI dan XII SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2008/2009. Singaraja: Undiksha.
Wijaya, Made Agus. 2015. Developing Fundamental Movement Based Cooperative Learning Model in Primary School. Vol. 2. No. 1. ISSN 2335-8407. Tersedia pada
http://pps.unj.ac.id/journal/ijer Diaskes Pada 10 Juni 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)