PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING DAN CONTROL SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i1.36476Keywords:
Kooperatif., TPS., hasil belajar., sepakbola.,Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar teknik dasar passing dan control sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design . Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Saraswati Seririt Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 141 orang yang terdistribusi ke dalam empat kelas yaitu kelas XI IPA, XI IPS 1 sampai dengan kelas XI IPS 3. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling berdasarkan kelas . Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pilihan ganda, observasi dan unjuk kerja . Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar teknik dasar passsing dan control sepakbola (kaki bagian dalam) antara siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0.4156 dengan standar deviasi 0.19195 Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0.3265. dengan standar deviasi 0.15435. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah 0.023 dan 0.024 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh positif terhadap hasil belajar teknik dasar passsing dan control sepakbola (kaki bagian dalam) pada siswa kelas XI SMA Saraswati Seririt Pelajaran 2017/2018. Model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas. Diharapkan peneliti lain untuk mencoba pada pokok bahasan lain untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih mendalam.References
Budiantara, I. K., Artanayasa, I. W., & Satyawan, I. M. 2014.
IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 2 .1. (Diakses tanggal 16 Oktober 2018)
Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Depok : PT Raja
Grafindo Persada
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajardan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mielke, Dany. 2007. Dasar-Dasar Sepak Bola. Bandung: Pakar Raya.
Ibrahim, Rachmadiarti, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-university press.
Satyawan. 2012. Buku Ajar Permainan Sepak Bola. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Subadi, Tjipto. 2011. Inovasi Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyyah University Press
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Kanca, I Nyoman.2010.
Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: UniversitasPendidikan Ganesha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)