PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PASSING CONTROL SEPAKBOLA KELAS X MAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i1.36477Keywords:
Kooperatif., NHT., hasil belajar., sepakbola.,Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing control bola sepakbola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjek desain. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 69 orang yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas X IPA 1 dan kelas X IPS 1. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes akhir. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar teknik dasar passsing control sepakbola antara siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t yaitu kurangdari 0,05 sehingga berpengaruh sangat signifikan. Dari Pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh Signifikan terhadap hasil belajar passing control sepakbola pada siswa kelas X MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.References
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains Dan Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana: UNESA.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir untuk Program Sarjana dan Diploma Universitas Pendidikan Ganesha. 2016 Edisi Revisi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir untuk Program Sarjana dan Diploma Universitas Pendidikan Ganesha. 2016 Edisi Revisi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Satyawan, I Made. 2012. Buku Ajar Permainan Sepakbola. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Lutan, Rusli dan Adang Suherman. 2000. Perncanaan Pembelajaran Penjaskes.
Surabaya :FIK, Universitas Negeri Surabaya.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22, 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)