PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PUKULAN PENCAK SILAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i1.36480Keywords:
NHT., hasil belajar., Pencak silat.,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik dasar pukulan pencak silat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian the randomize pretest-posttest control group the same subject design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2018/2019 yang berdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik rancangan the pretest-posttest control grup design. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan melalui pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar pukulan pencak silat antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan rata-rata gain score 17.74 dan standar deviasi 0.01870. Sedangkan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan rata-rata gain score 10.53 dan standar deviasi 0.02017. Angka signifikansi yang diperoleh melalui uji normalitas adalah 0.200, uji homogenitas adalah 0,607, dan uji-t adalah p=0.000. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar pukulan pencak silat pada siswa. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tie NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.References
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung.
Haryani. Fitri dan febridani. 2017. Buku Pintar Pencak Silat. Jakarta:Anugrah
Iskandar,Sumarjono,Dkk.1992. Pencak Silat. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kanca. I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kanca. I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Midyati. Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2002. belajar dan pembelajaran. universitas Pattimura Ambon.
Samsudin.2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jakarta.
Santyasa, I W dan Sukadi. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Singaraja.
Suprijono,Agus.2009.Coperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Surabaya: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:Prenadamedia Group.
Trianto.2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)