THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TYPE TO INCREASE THE ACTIVITIES AND RESULT OF STUDENTS LEARNING IN LEARN THE BASIC TECHNIQUE FOOT BALL PASSING CONTROL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i2.36483Keywords:
Kooperatif., aktivitas., hasil belajar., sepakbola.,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbola bola melalui melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X 6 A SMA Karya Wisata Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 34 orang, terdiri dari 20 orang putra dan 14 orang putri, yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data aktivitas belajar pada observasi awal siswa aktif 5 orang (11,8%), setelah diberikan tindakan pada siklus I, siswa aktif meningkat menjadi 10 orang (32,35%), setelah pemberian tindakan pada siklus II, siswa aktif meningkat menjadi 34 orang (100%). Sedangkan berdasarkan analisis data hasil belajar siklus I pada aspek sikap siswa tuntas 8 orang (23,53%), pada aspek pengetahuan siswa tuntas 19 orang (55,88%), dan pada aspek keterampilan siswa tuntas 10 orang (29,41%). Sedangkan siklus II pada aspek sikap siswa tuntas 34 orang (100%), aspek pengetahuan siswa tuntas 34 orang (100%), dan aspek keterampilan siswa tuntas 34 orang (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbola bola melalui melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X 6 A SMA Karya Wisata Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru Penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbolaReferences
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya : Pustaka Pelajar
Aip Syarifuddin. 1997. Pendidikan jasmani dan kesehatan 1. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Alenmarlis. 2009. Bedah Penjasorkes Paradigma Baru. file:///H:/BEDAH%20 PENJASORKES%20%C2%AB%20alenmarlissmpn1gresikblok.htm. (diakses pada 5 maret 2010).
Budi Jatmiko. 2004. “Model-model Pembelajaran (DI, Kooperatif dan PBI)” Makalah dalam Seminar dan Loka Karya bagi Dosen, Guru-guru SD, SMP, dan SMA se-Bali di Fakultas Pendidikan MIPA. IKIP Negeri Singaraja. Singaraja 27 November 2004.
Danny Mielke. 2003. Dasar-Dasar Sepakbola. Pakar Raya
Depdiknas. 2007. Peratutran Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomer 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta
Dikmenum. 2009. “Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)”.http//dikmenum.go.id/Pembelajaran/1.KUMPULAN PERMEN/ 17.STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR SMA-MA/82.Penjas_SMA.doc. (diakses pada 10 Desember 2016).
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud.
Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Husdarta. 2009. Manajement Pendidikan Jasmani. Bandung : ALFABETA
Kanca, I Nyoman. 2006. Metodelogi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Jurusan ilmu Keolahragaan Fakultas Pendidikan Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha Siangaraja.
---------. 2010. “Penelitian Tindakan Kelas”. Makalah disampaikan dalam Pelatihan PTK Guru Penjasorkes SMA/SMK se Bali. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas OLahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Singaraja 6 Agustus 2010.
Lanang Agung Parwata, I G. 2010. Model Pembelajaran Inovatif. Makalah disampaikan dalam Pelatihan PTK kelas Guru Penjasorkes se Bali. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas OLahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Singaraja 6 Agustus 2010.
Luxbacher. 2001. Sepakbola. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta. Erlangga
Muslikh. 2009. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. http://www.docstoc.com/docs/1992085/12-PENDIDIKAN-JASMANI_-OLAHRAGA-DAN-KESEHATAN-_A_. (diakses pada 10 desember 2016).
Muslimin Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif Pusat Sains Dan Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana. Surabaya : UNESA.
Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.
Nurkanca dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
----------. 2005 Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
----------. 2008 Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Pakmuis. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. http://pakmuis.blogspot.com/ 2009/11/model-pembelajaran-kooperatif.html. (diakses pada 10 desember 2016).
Rahmat. 2009. Pembelajaran Kooperatif. http://cvrahmat.blogspot.com/ 2009/07/ teoritis.html. (diakses pada 10 desember 2016)
Santyasa. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja : IKIP Singaraja.
------------. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Disajikan dalam Pelatihan Sertifikasi Guru bagi Para Guru SD dan SMP Di Propinsi Bali, pada tanggal 26-30 Desember di Universitas Pendidikan Ganesha.
-----------. 2009. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)