PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAPHASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • Ni Made Tari Sumiadi Putri Undiksha
  • I Wayan Artanayasa Undiksha
  • I Made Satyawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v7i2.36485

Keywords:

Kooperatif., TGT., hasil belajar., bola basket.,

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass dan bouncepass). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest posttest control group the same subjec design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 229 orang yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas VIII A2 dan kelas VIII A7. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan Simpel random sampling,. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, pengambilan data dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 81,38 . Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 67,93 . Angka signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung =10,027 lebih dari t tabel = 2,003 Sehingga H0 ditolak. yang diperoleh melalui Uji t adalah <0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass dan bouncepass) siswa.

References

Amry Sukmawan. 2013. ”Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Materi Menggiring Bola Pada PermainanSepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Tanwir Surabaya)”. Volume 01, Nomor 03

(hlm.575 --579).

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Slavin, E Robert. 2010. Cooperative Learning

: Teori, riset dan Praktek.Bandung : Nusa Media.

Putu Enny Rusmawati, I Made Candiasa, I Made Kirna. 2013.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013”.Volume 3.

Sudiatmaja,Untung. 2014. Penerapan Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. (tersedia pada.”http://ejournal.undiksha.ac.id/in dex.php/JJP/issue/view/204halaman2, Volume 1) diakses tanggal 17 juni

Prayatna,I Md Ary. 2014.”Implementasi Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket,tersediapada.”http://ejournal.u ndiksha.ac.id/index.php/JJP/issue/vie w/204halaman 2 volume 1) diakses

tanggal 17 juni 2017)

Downloads

Published

2019-08-30

Issue

Section

Articles