PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36487Keywords:
NHT., hasil belajar., bola voli.,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Saraswati Seririt tahun pelajaran 2019/2020, keseluruhan kelas berjumlah 5 kelas dengan populasi 180 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI IIS 4 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Ratarata kelompok eksperimen adalah 0.70 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0.62. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.019 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.References
Ahmadi, N. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama
Caka,puja.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017.Singaraja: Undiksha.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI
Danu Budhiarta, I Made. 2008.Teori Praktik Permainan Bola Voli dan Bola Voli Pantai. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional
Fajrin, Yanuar N. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola (Studi Pada Siswa Kelas XISMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo)”. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/indeXI.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/9967 Vol 2, No 2 (diakses pada tanggal 21Desember 2016).
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Ma’mun, Amung & Toto Subroto. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Permainan Bola Voli. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Olahraga
Nurhadi dkk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Permendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Pratama Sari, Sabrina. 2014. “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar passing bawahbawah bolavoli (studi pada siswa kelas XI tpm 1 smk pgri 2 kota pasuruan)”. Tersediapadahttps://scholar.google.co.id/scholar?q=pengaruh+model+pembelajaran+kooperatif+tife+nht+terhadap+hasil+belajar+passing+atas+bola+voli&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5 (diakses pada 11 Nopember 2016).
Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakart a: Pustaka Pelajar.
Rohmawati. 2012. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Kecamatan Sleman. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/indeXI.php/jurnal-pendidikan jasmani/article/view/9967 Vol 2, No 2 (diakses pada tanggal 21 Desember 2016).
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryajaya, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Passing bawahControl Sepak Bola Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/indeXI.php/JJP/article/download/11281/7206
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianto, 2007. Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif.Jakarta :Prestasi Pustaka
Wijaya,agus.2015.Developing Fundamental Movement Based Cooperative J
Learning Model in Primary School.Singaraja: Google Scholar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)