PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36488Keywords:
NHT., hasil belajar., bola basket.,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik passing bola basket pada peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 236 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X K.1 sebagai kelompok eksperimen dan X K.4 sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan dua kali perlakuan diluar pretest dan posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes tulis objektif dan unjuk kerja peserta didik. Berdasarkan analisis data di dapatkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 80,83, lebih tinggi dari ratarata kelompok kontrol adalah 76,69. Hasil uji-t menunjukkan 0,003<0,05. Berdasarkan analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik passing bola basket. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.References
Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Bola Basket. Surakarta: Era Intermedia.
Dantes. 2017. Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Eka, Gede dan I. N. Kanca. 2011. Buku Ajar TP. Kepelatihan Bola Basket. Singaraja: Undiksha.
Kanca, I Nyoman. 2010a. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kanca, Nyoman dan Swadesi. 2007. Permainan Bola Basket. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.
Universitas Pendidikan Ganesha. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi dan tugas Akhir. Singaraja.
Pratama, I Wayan Wenda, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket”. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, Volume 8 No. 2 2017. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/citations?user=3xaMTyoAAAAJ&hl=id&oi=sra#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3D3xaMTyoAAAAJ%26cstart%3D20%26pagesize%3D80%26citation_for_view%3D3xaMTyoAAAAJ%3Ar0BpntZqJG4C%26tzom%3D-420. (diakses pada tanggal 8 Mei 2020).
Noviani, Ketut, 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket”. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan Undiksha, Volume 7, Nomor 3. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/citations?user=LmcjInIAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DLmcjInIAAAAJ%26citation_for_view%3DLmcjInIAAAAJ%3AbEWYMUwI8FkC%26tzom%3D-420. (diakses pada tanggal 8 Mei 2020).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)