PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BOLA BASKET

Authors

  • Ni Wayan Megi Rosita Undiksha
  • I Putu Panca Adi Undiksha
  • I Made Satyawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36488

Keywords:

NHT., hasil belajar., bola basket.,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik passing bola basket pada peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 236 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X K.1 sebagai kelompok eksperimen dan X K.4 sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan dua kali perlakuan diluar pretest dan posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes tulis objektif dan unjuk kerja peserta didik. Berdasarkan analisis data di dapatkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 80,83, lebih tinggi dari ratarata kelompok kontrol adalah 76,69. Hasil uji-t menunjukkan 0,003<0,05. Berdasarkan analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik passing bola basket. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

References

Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Bola Basket. Surakarta: Era Intermedia.

Dantes. 2017. Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eka, Gede dan I. N. Kanca. 2011. Buku Ajar TP. Kepelatihan Bola Basket. Singaraja: Undiksha.

Kanca, I Nyoman. 2010a. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kanca, Nyoman dan Swadesi. 2007. Permainan Bola Basket. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.

Universitas Pendidikan Ganesha. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi dan tugas Akhir. Singaraja.

Pratama, I Wayan Wenda, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket”. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, Volume 8 No. 2 2017. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/citations?user=3xaMTyoAAAAJ&hl=id&oi=sra#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3D3xaMTyoAAAAJ%26cstart%3D20%26pagesize%3D80%26citation_for_view%3D3xaMTyoAAAAJ%3Ar0BpntZqJG4C%26tzom%3D-420. (diakses pada tanggal 8 Mei 2020).

Noviani, Ketut, 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket”. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan

Kesehatan Undiksha, Volume 7, Nomor 3. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/citations?user=LmcjInIAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DLmcjInIAAAAJ%26citation_for_view%3DLmcjInIAAAAJ%3AbEWYMUwI8FkC%26tzom%3D-420. (diakses pada tanggal 8 Mei 2020).

Downloads

Published

2019-11-30