PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 3 SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36489Keywords:
Inquiry., passing., control Sepakbola.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar passing dan control sepakbola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan rancangan penelitian the post test only control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 124 orang yang terdistribusi dalam 4 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah 60 orang peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi =0,05. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 77,00 dengan standar deviasi 14.36. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 60,00 dengan standar deviasi 16.50. Data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukkan 0,000<0,05 (p<0,05). Berdasarkan analisa data dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar passing dan control sepakbola pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019.References
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Undiksha.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Artanayasa, I Wayan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran dan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola dengan Mengontrol Motor Educatibility. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk membantu memecahkan Problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.
Trisna, Ega. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Dimiyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Satyawan, I Made. 2012. Buku Ajar Permainan Sepakbola. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mielke, Danny. 2007. Dasar-dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.
Depdiknas. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.Pemendikbud. 2018. Materi Penyegaran Intruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah pertama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)