MINAT PESERTA DIDIK DALAM BEROLAHRAGA PADA MASA PANDEMI COVID – 19 KELAS VIII SMP NEGERI 5 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2020/2021

Komang Wibaawa, Wahjoedi Wahjoedi, I Ketut Semarayasa

Abstract


Jenis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat pesertat didik kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja dalam berolahraga di masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserat didik kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja dengan jumlah keseluruhan 202 orang siswa. Sampel penelitian menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 15% dari total populasi sehingga jumlah sample dalam penelitian ini berjumlah 80. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil penelitian ini pada faktor ekstrinsik minat peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja dalam berolahraga pada masa pandemi covid-19 mendapatkan skor 73% dalam interval kategori dinyatakan sangat tinggi. Pada faktor intrinsik minat peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja dalam berolahraga pada masa pandemi covid-19 mendapat skor 75% dalam interval kategori dinyatakan sangat tinggi. Dari kedua indikator pada variabel, minat peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja memperoleh skor 74%. Pada interval katagori sangat tinggi . melalui temuan yang sudah di jelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa minat berolahraga pada masa pandemi covid-19 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Singaraja termasuk dalam katagori tinggi. Dengan demikian, peneliti menyarankan agar peserta didik dapat mempertahankan minatnya dalam berolahraga pada masa pandemi covid-19 sehingga meningkatkan imunitas tubuh serta menjaga pola hidup sehat dan tubuh yang bugar walau di lakukan di rumah.

Keywords


Minat.,Berolahraga.,Pandemi covid-1.,

Full Text:

PDF

References


Djaali.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Perkasa.Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini (Kajian Para Akbar). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Herlina dan Maman Suherman. 2020. “Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar”. Terdapat pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186 (diakses pada tanggal 17 Juli 2020)

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Undiksha.

Kasim, Muhammad. 2011. “Pentingnya Motivasi dan Minat Terhadap Manajemen Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan

Kesehatan”. Terdapat pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/academica/article/download/228 5/1478 (diakses pada tanggal 17 Juli 2020)

Susanto, Nugroho. 2020. “{engaruh Virus Covid 19 Terhadap Bidang Olahraga Di Indonesia” Terdapat pada http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/491 (diakses pada tanggal 17 Juli 2020)

Pungki Indarto, Nur Subekti, Eko Sudarmanto. 2018. “Pengukuran Tingkat Minat Dengan Bakat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta” Terdapat Pada https://journal.unesa.ac.id/index.php/jses/article/view/3204 (diakses pada tanggal 17 Juli 2020)

Putrantana, Angga Bramansta. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional pada Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan”. Terdapat pada http://pasca.im.ac.id/conferences/index.php/por/article/view/622 (diakses pada tanggal 17 Juli 2020)

Rawes Budiarta. 2018. Minat dan Motivasi Peserta Didik Terhadap Ekstrakurikuler woodball di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Slameto. 2015. Metodelogi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga:Cipta

Sugiyono. 2009. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36742

Article Metrics

Abstract view : 572 times
PDF file view : 1030 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.