IMPLEMENTASI KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • I Putu Sucipta .
  • I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes .
  • dr. Made Kurnia Widiastuti Giri, S.Ked .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.3892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014, berjumlah 26 orang (15 orang putra dan 11 orang putri). Data aktivitas dinilai oleh 2 orang observer dan hasil belajar dinilai oleh 3 orang evaluator, data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing Bola Basket secara klasikal 8,03% dan siklus II secara klasikal sebesar 8,90%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,87. Persentase ketuntasan hasil belajar passing Bola Basket pada siklus I secara klasikal sebesar 77,82% dan siklus II secara klasikal sebesar 81,63%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 3,81%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran teknik dasar passing bola basket.
Kata Kunci : STAD, aktivitas, hasil belajar, Passing , bola basket.

This study aims to improve the activity and learning outcomes basketball passing basic techniques in class VIII B2 SMP Negeri 2 Sawan academic year 2013/2014. This research is a class act, namely the teacher as researcher. Classroom action research was conducted in two cycles. Research subjects are students of class VIII B2 SMP Negeri 2 Sawan academic year 2013/2014, amounts to 26 students (15 male and 11 female). The data actyviti were assessed by 2 observer meanwhile learning outcomes werw assessed by 3 evaluators data were analyzed using descriptive statistical analysis. The results of the analysis of the data in the first cycle of learning activity in the classical basketball passing and Cycle II 8.03% Traditionally at 8.90%. Cycle I to Cycle II was increased by 0.87. Percentage passing mastery of learning outcomes basketball in Cycle I of 77.82% in the classical and classically Cycle II by 81.63%. Cycle I to Cycle II was increased by 3.81%. Based on the results of the data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and learning basic techniques to increase basketball passing through Cooperative Learning Model Application Type Student Teams Achievement Division (STAD) in class VIII B2 SMP Negeri 2 Sawan academic year 2013/2014. Advisable to Penjasorkes teachers can implement STAD cooperative learning model to learning the basic techniques of passing basketball.
keyword : STAD,activities, learning outcomes, Passing, basketball

Published

2014-08-06

Issue

Section

Articles