PENERAPAN MODEL KOOPERATIF (TAI) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GULING SENAM LANTAI

Authors

  • Luh Mahayuni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.398

Abstract

Luh Mahayuni

PENJASKEREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah

Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: luhmahayuni@gmail.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar guling (roll) senam lantai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula, berjumlah 26 orang dengan rincian 14 siswa putra dan 12 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar berguling senam lantai secara klasikal sebesar 7,74 (aktif), dan pada siklus II sebesar 9,03 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,29. Sedangkan persentase hasil belajar guling senam lantai secara klasikal pada siklus I sebesar 73.07% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 88.46% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15.43%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar guling (roll) senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar guling senam lantai pada siswa.

Abstract: This study aims to improve the activity and learning outcomes roll gymnastics floor through the application of the type of cooperative learning in class VIII B TAI SMP Negeri 1 Tejakula school year 2012/2013. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Subjects were students of class VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula, totaling 26 people with the details of 14 boys and 12 girls students. The data was analyzed using statistic descriptive method. The activity result using classical technique in the first cycles was oroll gymnastics floor at 7.74 (active), and on the second cycle of 9.03 (very active). From cycle I to cycle II has increased by 1.29. Meanwhile, the first cycles showed roll gymnastics floor in the first cycle of 73.07% (pretty good), and on the second cycle of 88.46% (excellent). From cycle I to cycle II an increase of 15:43%. Based on the data analysis and discussion, it is concluded that the activity and learning outcomes roll (roll) gymnastics floor increased through the implementation of cooperative learning model type TAI VIIIB grade students of SMP Negeri 1 Tejakula school year 2012/2013. Penjasorkes suggested to teachers to implement cooperative learning model TAI type because it can increase activity and learning outcomes in students rolled gymnastics floor.

 

 

 

 

Downloads

Published

2013-03-14

Issue

Section

Articles