Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai, Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Hasil Dribbling di Bali Youth Football

Authors

  • Ahmad Taufiqur Rohman Undiksha
  • Suratmin Suratmin Undiksha
  • Ketut Candra Adinata Kusuma Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v9i2.43893

Keywords:

Kekuatan Otot Tungkai, Kelincahan, Kecepatan, Dribbling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kecepatan terhadap hasil dribbling di Bali Youth Football.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola klub Bali Youth Football dengan Jumlah 20 orang dan rentang usianya 18-20 tahun. Objek dalam penelitian adalah kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kecepatan terhadap hasil dribbling.Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu back and leg dynamometer untuk mengukur kekuatan otot tungkai, zig-zag run test untuk mengukur kelincahan, 30 meter sprint test untuk mengukur kecepatan lari dan tes kemampuan dribbling. hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat hubungan kekuatan otot tungkai terhadap dribbling dalam kategori    kurang kuat. (2) Terdapat hubungan antara kelincahan terhadap dribbling dalam kategori cukup kuat. (3) Terdapat hubungan antara kelincahan terhadap dribbling dalam kategori cukup kuat. (4) Terdapat hubungan kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kecepatan terhadap hasil dribbling dalam kategori sangat kuat.Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kecepatan terhadap hasil dribbling pada pemain Bali Youth Football. Saran bagi pelatih sepakbola yang ingin meningkatkan kemapuan dribbling agar memperhatikan aspek kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kecepatan pemain.

References

Arikunto, S. 2010. Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Bumi Askara.

Ashari & Adi. 2019. Sport Science and Health, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 110-115)

Ismayanti. 2006. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan UPT UNS Press.

Hidayat, S. 2014. Pelatihan Olahraga: Teori dan Metodologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhajir.2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Munawar, S. 2003. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Kecepatan dan Koordinasi Terhadap Ketepatan Shooting Ke Gawang SMP N 4 Purbalingga. Tugas Akhri (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Ke Olahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nenggala, A. K. 2017. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.

Nurrochmach, S. 2016. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani & Keolahragaan. Tesis tidak di terbitkan Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Salim, A. 2008. Buku Pintar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.

Sukatamsi. 2001. Permainan Besar I Sepakbola. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-01-24