Persepsi Wisatawan Tentang Wahana Olahraga Underwater di desa Bangsring Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Rahma Hanafi Undiksha
  • wahjoedi wahjoedi Undiksha
  • I ketut Semarayasa Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v9i2.43894

Keywords:

Pariwisata, Wisatawan, Persepsi, Olahraga Underwater

Abstract

Abstrak

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan tentang wahana olahraga underwater di Desa Bangsring Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitain ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey dengan teknik pengambilan data observasi, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di wisata bangsring underwater dimana mereka yang telah menikmati wahana olahraga underwater. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sumber informasi dan tujuan  berkunjung memiliki persentase baik dengan 85%. (2) sarana dan prasarana pariwisata olahraga underwater memiliki persentase yang baik dengan 89%. (3) keunikan wahana olahraga underwater di desa bangsring memiliki persentase sangat baik yaitu 91,4%. (4)Jenis layanan wisata memiliki persentase cukup baik dengan 84%. (5) pengelolaan tempat wisata memiliki persentase cukup baik juga dengan 87,5%. Berdasarkan hasil dari analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi wisatawan tentang wahana olahraga underwater khususnya snorkeling dan diving di Desa Bangsring Kabupaten Banyuwangi dengan keseluruhan dapat dikatakan baik. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan pengelola wisata bangsring underwater agar meningkatkan kualitas pengelolaan, pelayanan dan penambahan wahana baru agar menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

References

Arikunto, Suharsini. 2014. Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bio Pustaka.

Bagus Rai, Gusti & Mahadewi, Made Eka. 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata & Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Castyana, Billy. 2013. Pengaruh Program Pariwisata Olahraga Borobudur InterHash 2012 dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Daerah Tujuan Wisata Kabupaten Magelang. FIK: Universitas Negeri Semarang.

Kusmayadi, Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lallo, Christian. 2015. Persepsi Wisatawan Terhadap Fasilitas Infrastruktur di Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Propinsi Papua Barat. Fakultas Teknik: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lemy, D, M. 2017. Jasa Pariwisata. Yogyakarta: Exsplore

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Suratmin. 2018. Pengantar Olahraga Rekreasi dan Sport tourism. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Surayin. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Tri Astuti, Marhanani. 2015. Potensi Wisata Olahraga dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Penelitian dan Pengembangan Pariwisata: Kementerian Pariwisata.

Valentino, Januar. 2015. Persepsi Wisatawan Mancanegara dan Kunjungan Wisata di Kota Manado Sebagai Destinasi Ekowisata. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Downloads

Published

2022-01-24