Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v9i3.43944Keywords:
motivasi, ekstrakurikuler, bola basketAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 1 Kintamani, Teknik yang digunakan adalah memberikan pertanyaan kepada responden yang nantinya akan dijawab sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Skor yang diperoleh dari angket kemudian di analisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kualitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah angket skala sikap yang berisi pernyataan dan digunakan untuk mengungkap motivasi peserta didik terhadap ekstrakurikuler bola basket ditinjau dari faktor intrinsik (rasa tertarik, perhatian, dan aktivitas) dan faktor ekstrinsik (lingkungan dan alat/fasilitas). Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket yakni 25 orang. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 1 Kintamani dengan skor rata-rata 187,81 tergolong sangat tinggi. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya menggunakan sampel yang berbeda, populasi yang lebih luas, dan instrumen yang lebih baik lagi. Sehingga diharapkan motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket dapat diidentifikasi secara luas.
References
Ardiansyah, Firman. 2016. “Kemampuan Motorik Dasar Siswa Kelas Iv Dan V Sd. N Keraton Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Kemampuan Motorik Dasar.
Annas, Anisa Nuraisyah. 2017. “Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 5 Nomor 2
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi Ke VI. Rineka Cipta: Jakarta
Arikunto,Suharsimi.2014.ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik.Jakarta:PT RinekaCipta
Ariesta, Dofi Bellavia. 2014. Seni Beladiri Taekwondo. Jakarta. Golden Terayon Press
Candra, O., & Wahyudi, W. Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatanekstrakurikuler bolabasket di smp negeri 9 pekanbaru. Journal OfSport Education (JOPE), 2(2),70-78.
Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. Jakarta: Renika Cipta.
Darmawan, Darwis dan Siti Fadjarajani. 2016. “Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan”. Jurnal Geografi. Volume 4 Nomor 1
Dinita, E. W., Yunitaningrum, W., & Purnomo, E. Survei Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMP N 21 Pontianak (Doctoral dissertation, TanjungpuraUniversity).
Emda Amda. 2017. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran”. Lantanida journal, Volume. 5 No. 2
Gunarsa, Singgih. 2008. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Haq,Azar.2018.“MotivasiBelajarDalamMeraihPrestasi”.ProdiPendidikanAgama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas IslamMalang
Hamidatin dan Nunuk Hariyati. 2018. “Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Kepramukaan di SMP Negeri 46 Surabaya”. Inspirasi Manajemen Pendidikan.
Hima, Lina Rihatul. 2017. "Pengaruh pembelajaran bauran (blended learning) terhadap motivasi siswa pada materi relasi dan fungsi." JIPMat2.1
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Bukuajarrevisi.JurusanPendidianJasmaniKesehatandanRekreas. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas PendidiikanGanesha
Kanca dan Ni Putu Sucita Dartini. 2015. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskesrek. Jurusan Penjaskesrek Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Penjakora. Vol. 2, No. 2, 2015. Diakses pada tanggal 28 Januari 2020, Jam 15.00 WITA
Kirom Askhabul. 2017. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural”. Volume 3, Nomor 1.
Koyan, I. W.2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Malasari, Citra Azhariat. (2019). “Pengaruh Latihan Shuttle-Run Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Atlet Taekwondo”. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 3, Nomor 1.
MartaMeliana,dkk.2015.“PengaruhMotivasiTerhadapKinerjaPegawaiPadaKantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Dprd) Kabupaten Kutai Barat”.Ekonomia
Muthmainnah, Heny Tri.2019. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Ekstrakulikuler Futsal. Tugas Akhir (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhamadiyah Surakarta.
Moekijat. 2002. Dasar-dasar Motivasi.Bandung. Penior Jaya Mylsidayu, Apta. 2014. Psikologi Olahraga. Jakarta: Bumi Aksara.
NuratinDiah.2018.“UpayaMeningkatkanKeaktifanSiswaDalamPembelajaranPola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Metode Permainan Pada Siswa Kelas Iii SD Negeri 1 Purwawinangun”. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 3 no 1.
Rajidin. 2016. “Model Latihan Shooting Ke Gawang Pada Mahasiswa Ukm Sepak Bola Ikip-Pgri Pontianak”. Jurnal Pendidikan Olahraga
Sabil, Mohammadun, 2018. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi Dan LingkunganKerjaTerhadapKinerjaPegawaiKantorDesaKecamatanPragaan Kabupaten Sumenep”. Jurnal Ilmiah RisetManajemen.
Santrock, Jhon W. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Kencana
Saptono, dkk. 2017. “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas”. Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen. Volume 1 no 1.
Saptono, Yohanes Joko. 2016. “Motivasi dan Keberhasilan Siswa”. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei. Volume 1 No 1.
Setianto Wahid Rohmat, Dkk.(2017). “Pengembangan Latihan Taekwondo Dengan Media Audio-Visual Untuk Ekstrakurikuler Taewkondo di SMA Kabupaten Tulungagung”.Gelanggang Psmani Indonesia, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017, Halaman30
SiregarSyofian.2010.StatistikaDeskriptifUntukPenelitian.Jakarta:PTRajaGrafindo Persada
Siregar Syofian. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group Siswanto Heri. 2018. Implementasi Ekstrakurikuler Taekwondo Di Madrasah
Ibtidaiyah Al-Falah Gedongan Sukoharjo. Tugas Akhir (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhamadiyah Surakarta.
Sudijono Anas.2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Suyudi, Achmad. 2019. Survei tingkat kesegaran jasmani pada siswa ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 2 Makassar. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar.
Sudiyanto Totok. 2019. “Pengaruh Disiplin, Budaya Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas Pgri Palembang”. Jurnal Media Wahana,
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suprihatin Siti. 2015. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”.
Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3, Volume 3, Nomor 1. (Hal 73-82)
Swadesi, dkk. 2019. “Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Sma Pjok Se-Bali”. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 4 (hlm 930)
Undang-undang Republik Indonesia no.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2007. Jakarta: Sinar Grafika.
Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibandoro dan Tutur Jatmiko .2017.“Survei Kondisi Fisik Ekstrakurikuler Taekwondo Di Sman 1 Kauman Tulungagung”. Jurnal Prestasi Olahraga
Widodo, Agung dan Titis Nurina. 2016. “Identifikasi Keadaan Sarana Dan Prasarana Penjasorkes Di SMP Negeri Se-Kota Sukabumi Tahun 2016”. Jurnal Kependidikan
Wiguna Alivermana.2017. “Upaya Mengembangkan Sikap Spiritual Dan Sosial Peserta Didik Berbasis Psikologi Positif di Sekolah”. Al-Asasiyya Jurnal OfBasic Education.
Yahya dan Amirzan. 2019. “Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Pengembangan Prestasi Dan Potensi Diri”. Jurnal Sosial Humaniora, Volume 2, Nomor 1, April 2019.
Yoyok Suryadi. 2002. Tsekwondo Poomse Tae Geuk. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nengah Distha Arimbawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)