PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Bagus Firmansyah Undiksha
  • wahjoedi wahjoedi Undiksha
  • Made Kurnia Widiastuti Giri Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.45138

Keywords:

kooperatif, STAD, belajar, passing bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimenta) dengan menggunakan rancangan postest only control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP N 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 54 orang. Data hasil belajar dikumpulkan melalui posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil posttest kelompok eksperimen diperoleh rata-rata 77,96 dan kelompok kontrol 86,11. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji Independet Samples T-test adalah sig 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis data tes, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik passing bola voli siswa kelas VIII SMP N 4 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan untuk proses pembelajaran PJOK teknik passing bola voli di SMP N 4 Sukasada, guru dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

References

Adnyana, i komang. 2017.“pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli”. E-journal pjkr, universitas pendidikan ganesha pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi (vol 8, no.2, tahun 2017). Https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjp/article/view/13072.

Budiartha, i made danu. 2008. Teori praktik permainan bola voli dan voli pantai. Singaraja: universitas pendidikan ganesha

Dimyati dan mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara.

Hamalik, oemar 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara.

Published

2019-12-01