IMPLEMENTASI KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Made Sudiarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.470

Abstract

IMPLEMENTASI KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Oleh

I Made Sudiarjana

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha

Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: sudik46@gmail.com

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli, melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kintamani.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kintamani tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 35 orang siswa, 19 putra dan 16 putri. Pengumpulan data aktivitas belajar, melalui lembar observasi aktivitas belajar, data hasil belajar, melalui tes hasil belajar passing bola voli. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 5,63 kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa, ketuntasan klasikal sebesar 45,71% katagori sangat kurang aktif. Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa 8,10 kategori aktif dan hasil belajar siswa ketuntasan klasikal sebesar 100% katagori sangat aktif.Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disarankan kepada guru penjasorkes, untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.

Kata-kata Kunci: Model pembelajaran STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola voli.

 

 

1

Abstract: This study aims to improve the activity and learning outcomes volleyball passing, through the implementation of cooperative learning model type STAD the C eighth grade students of SMP Negeri 1 Kintamani. The research is classified as action research, conducted in two cycles, each cycle 2 meetings. These subjects C eighth grade students of SMP Negeri 1 Kintamani school year 2012/2013 consisting of  35 students, 19 boys and 16 girls. Data collection of learning activities, learning through observation sheet activities, learning outcomes data, through achievement test passing volleyball. The collected data were analyzed using statistical analysis showed descriptive. Outcomes the first cycle an average of 5.63 categories of student learning activities are quite active and student learning outcomes, classical completeness of 45.71% the category is less active. In the second cycle, the average activity of 8.10 category of active student learning and student learning outcomes classical completeness by 100% category so active. The foundation results and discussion, it was concluded that the activity and the results of learning the basic techniques of volleyball passing up through the implementation of cooperative learning model type STAD. It is suggested that teachers penjasorkes, to implement STAD cooperative learning model type, because it can increase the activity and results of learning the basic techniques of passing volleyball.

Downloads

Published

2013-04-16

Issue

Section

Articles