Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket

Authors

  • Ni Luh Riskayani Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47192

Keywords:

Model pembelajaran PBL, aktifitas, hasil belajar, bola basket

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar bola basket melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan guru sebagai peneliti. Dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitan adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal berjumlah 37 terdiri dari 16 putra dan 21 putri. Data dianalisis menggunakan statistik diskriptif. Berdasarkan hasil analisis data untuk aktivitas belajar passing bola basket pada observasi awal 5,42 (cukup aktif), dan pada siklus I meningkat menjadi 6,14 (cukup aktif) dan 8,5 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola basket dari observasi awal sebesar 62,84% (kurang baik), pada siklus I 77,23% (cukup baik) dan 86,76% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik pada kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan pada guru penjasorkes SMP Negeri 1 Abiansemal untuk menerapkan model pembelajaran PBL karena dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar passing bola basket.

References

Adiwiguna. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan LIterasi Sains Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendas, 3(2).

Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Bola Basket. Surakarta : Era Intermedia Arends, R.(2008). Learningto Teach :Belajaruntuk Mengajar. Pustaka Belajar.

Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media. ForUnderstanding (Tgfu) Terhadap Hasil Belajar

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Octavia, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. CV Budi Utama.

Passing Atas Bolavoli pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Preneda Media Group.

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV Pilar Nusantara.

Setiono, Poeguh. 2015. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Teaching Game

Sudiasih. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkrit terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematika. 2(2).

Sugihartono, T. (2019). Model Problem Based Learning Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Pada Pembelajaran Penjasorkes. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8274

Sukarini, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Basket melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Thobrni, M. & A. M. (2011). Belajar dan PEmbelajaran. Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana

Wirata, I. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(9). https://ejournal- pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2934/1571

Yonny, A. & dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Familia

Downloads

Published

2022-05-20

Issue

Section

Articles